DPD RI Tingkatkan Kapasitas Pelajar Hadapi era MEA


ACEH BESAR – Senator Fachrul Razi, MIP melakukan kunjungan kerjanya ke SMA Ali Hasyimi Kec. Indrapuri hari Senin 28/09/2015. Kunjungan tersebut dalam rangka mensosialisasi empat pilar kebangsaan sekaligus menyerap aspirasi pihak sekolah serta melihat kesiapan pelajar dalam menghadapi era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) Desember mendatang.

Terkait dengan MEA 2015, Senator Fachrul Razi, MIP melihat bahwa pelajar akan menjadi garda terdepan dalam menghadapi situasi tersebut. Kesiapan diri bagi pelajar menjadi yang utama untuk dipersiapkan. Kapasitas mereka untuk menjaga pilar kebangsaan tetap kokoh walaupun globalisasi terus terjadi.

Senator Fachrul Razi, MIP melihat bahwa, sekarang sekolah boarding school banyak kekurangan tenaga pendidik yang konsen dibidang laboratorium dan pengelola asrama dan instruktur untuk pelatihan capacity building pelajar . Kekurangan tersebut bukan hal biasa, karena selama ini Universitas yang ada di Aceh tidak mencetak tenaga labor dan pengelola asrama untuk konsep boarding school.

Terkait masalah kekurangan guru, Fachrul mengatakan pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh harus bertanggung jawab terhadap kekurangan SDM tersebut, karena semua SMA dan SMK berada dalam tanggung jawab pemerintah provinsi.

Hal itu berdasarkan perubahan Undang-undang nomor 32 tahun 2004, menjadi Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.“semua manajemen pengelolaan sekolah akan diurus oleh pemerintah provinsi, tidak lagi oleh pemerintah kabupaten-kota”, tegas anggota DPD tersebut.

Menurutnya, perubahan Undang-undang itu sangat positif, karena masing-masing level pemerintahan memiliki tanggung jawab dan tugasnya masing-masing dalam bidang pengembang.

Lanjutnya, pemerintah pusat akan mengelola pendidikan tinggi, pemerintah provinsi mengelola pendidikan menengah, dan pemerintah kabupaten-kota mengelola pendidikan dasar SD dan SMP.

Kendala yang muncul sekarang adalah apakah provinsi sudah siap menjalankan tugas dan fungsi tersebut sesuai dengan amanah Undang-undang, jika provinsi tidak siap maka harus

Peningkatan kapasitas bagi pelajar akan terus diselenggarakan oleh Senator Fachrul Razi, MIP untuk seluruh sekolah SMA dan SMK di Aceh sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi muda Aceh kedepan. [rls]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *